Powered by Blogger.

Negara Perancis Ada apa pula dibalik dengan larangan-larangannya

Hari Ini Perancis Terapkan Larangan Burka
Perancis mulai memberlakukan undang-undang yang melarang perempuan Muslim menutup wajahnya dengan cadar atau burka ketika berada di tempat umum. Hukuman bagi yang melanggarnya adalah denda sebesar US$217 dan kerja sosial. Sedangkan bagi orang yang dengan sengaja memaksa perempuan memakai burka untuk menutup wajahnya mendapat ancaman lebih tinggi yaitu denda yang lebih besar dan penjara hingga dua tahun.
Perancis adalah negara Eropa pertama yang melarang penggunaan baju Muslim meskipun sebagai bagian dari ibadah agama.
Di bawah undang-undang tersebut, setiap perempuan, Perancis atau warga asing, berjalan di jalan atau taman di Prancis dan menutup wajah dengan niqab (cadar yang hanya menyisakan bagian mata) atau burka yang menutup secara keseluruhan akan dihentikan oleh polisi dan didenda.
Besaran denda mungkin terhitung sedikit tapi secara simbolis ini adalah sebuah perubahan besar.
Pemerintah Perancis menyatakan, menggunakan penutup wajah mengganggu perikehidupan di dalam komunitas bersama dan juga dianggap sebagai menurunkan status bagi perempuan di mana Prancis memakai azas kesamaan derajat.
Walaupun ada aksi penentangan dari para penolak undang-undang ini atau kaum kebebasan beragama, tetapi sepertinya tidak terlalu berpengaruh.
Apa yang menjadi pertanyaan justru apakah membuat undang-undang pelarangan tersebut diperlukan, mengingat hanya sekitar 2.000 wanita di Prancis yang memakai niqab atau burka.
Kritikus menyebut ini adalah strategi Presiden Perancis Nicolas Sarkozy untuk memainkan isu soal Islam karena dia adalah seorang presiden yang tidak begitu populer dan membutuhkan suara dalam pemilihan mendatang. 

Sumber :http://indonesian.irib.ir/islam/index.php?option=com_content&view=article&id=220:hari-ini-perancis-terapkan-larangan-burka
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Negara Perancis Ada apa pula dibalik dengan larangan-larangannya"

Syukron telah mengomentari tautan blog ini, Insya Alloh jadi refleksi menuju berkemajuan

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top