Powered by Blogger.

Inilah Jenis Komputer Terkecil Di Dunia dengan Ukuran Tidak Lebih Dari Sebuah Apel

Mungkin banyak komputer kecil, khususnya bicara mengenai CPU tetapi apakah ada yang lebih kecil dari Space Cube? Yang mana?? Itu loh, gambarnya sesuai dengan yang ada di atas di samping sebuah apel??
Inilah Space Cube yang merupakan komputer terkecil di dunia saat ini yang hanya berukuran 52 x 52 x 55 mm yang dibuat oleh Shimafuji Corporation, Jepang.
Memang untuk spesifikasi sih tidak terlalu hebat tetapi kami yakin semua mata akan memandang komputer terimut ini bila anda bisa memilikinya.
Bicara mengenai spesifikasi Space Cube antara lain prosesor 300 MHz, Sistim Operasi menggunakan Red Hat dari Linux, hardisk menggunakan kartu memori CF 1GB.
Dan untuk jenis koneksi yang ada antara lain 1x port USB, 1x port VGA, port RS-232, port LAN (Ethernet) dan port untuk koneksi speaker.
Sedangkan untuk konsumsi daya listrik, tidak perlu ditanya, karena kecil maka konsumsi listrinya juga kecil yaitu sekitar 5 Volt saja.
Space Cube saat ini hanya dijual di Jepang tetapi ada kemungkinan dalam waktu dekat akan dijual di luar Jepang dengan kisaran harga sekitar Rp. 25.000.000,-. Mahal banget yah???
Sumber berita


komputer terkecil di dunia
Berapakah ukuran laptop, netbook, notebook anda sekarang?14 cm? 13 cm? 12 cm? atau bahkan 9 cm? Jika Anda berpikir memiliki Netbook atau notebook agar lebih praktis, maka sekarang terbantahkan oleh Ilmuwan menciptakan komputer berskala milimeter yang memiliki prosesor, memory, baterai dan radio. Komputer terkecil itu merupakan prototipe pengawas tekanan bola mata.
Komputer termungil itu terkoneksi dengan komputer lain untuk membentuk jaringan sensor nirkabel seperti radio yang tidak membutuhkan sistem tuning dalam menemukan frekuensi yang tepat.
“Diharapkan, komputer itu mampu melacak polusi, mengawasi integritas struktural dan melakukan pelacakan,” ujar profesor teknik elektro dan ilmu komputer di University of Michigan, David Blaauw yang memproduksi komputer itu.
“Tantangan selanjutnya adalah mencapai sistem skala milimeter yang memiliki sejumlah aplikasi baru untuk memantau tubuh, lingkungan, dan infrastruktur kita,” kata Blaauw lagi.
Sebagai prototipe komputer pengawas tekanan bola mata bagi pasien glukoma, komputer ini menggunakan arsitektur unik dengan mode tidur yang ekstrem sehingga mengkonsumsi sedikit daya.
Untuk menjaga baterai terus terisi, komputer ini memerlukan 10 jam paparan cahaya dalam ruangan setiap hari atau 1,5 jam sinar Matahari. Komputer itu akan dipresentasikan pada International Solid-State Circuits Conference di San Francisco.
sumber : http://forum.vivanews.com

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Inilah Jenis Komputer Terkecil Di Dunia dengan Ukuran Tidak Lebih Dari Sebuah Apel"

Syukron telah mengomentari tautan blog ini, Insya Alloh jadi refleksi menuju berkemajuan

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top